SOLITUDE S/S 2020
by Patrick Hugo Ary Ginting
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai daya tarik pariwisata tinggi baik dari wisata budaya alam, budaya, dan buatan. Bindelle dan Larissa (2013),mengklasifikasikan kegiatan wisata alam ke dalam empat kelas yang berbeda yaitu: ekowisata, wisata minat khusus / wisata margasatwa, hard adventure dan soft adventure. Salah satu kegiatan soft adventure yakni berkemah.wisata. Dengan adanya fenomena kemah wisata tersebut, , penulis menangkap peluang untuk menciptakan busana yang versatile yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari serta berkegiatan kemah wisata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang busana casual outdoor wear yang lebih menawarkan sisi desain dan material yang lebih variratif untuk menciptakan strategi bisnis. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta pengumpulan data dengan observasi brand pembanding, survey target market, studi literatir pada buku dan jurnal untuk mendukung teori penelitian, serta eksplorasi pembuatan motif pada tekstil. Penulis melihat peluang bisnis yang ada dengan menggunakan business model canvas untuk mendukung perancangan busana casual outdoor wear untuk pria dengan inspirasi bumi perkemahan Ranca Upas dan Rusa Timor sebagai fauna yang dilakukan dilindungi di kawasan Ranca Upas.
Kata Kunci : Soft Adventure, Berkemah, Casual Oudoor Wear, Stilasi, Bordir.
Karya ini berasal dari proyek Tugas Akhir berjudul
PERANCANGAN PRODUK CASUAL OUTDOOR WEAR UNTUK PRIA
dosen pembimbing Tugas Akhir: Rima Febriani, S. I. Kom, MBA.