SKY WORLD

by Agnes Fitina Putri

Potensi musik sebagai ekonomi kreatif di Kota Bandung memang didukung oleh keberadaan
komunitas yang menjadi energi kreatif di kota Bandung. Saat ini Kota Bandung memiliki
banyak sekali komunitas salah satunya komunitas musik K-Pop budaya musik pop merupakan
efek dari globalisasi dan berkaitan dengan masalah sehari-hari seperti superstar, fashion,
transportasi, gaya hidup, dan sebagainya yang dapat dinikmati oleh semua orang atau kalangan
tertentu. Perkembangan K-Pop yang sangat signifikan akhirnya akan memunculkan kelompok
penggemar yang bertujuan sebagai wadah penggemar untuk mewakili budaya partisipatif
dalam mendukung para idola K-Pop dimana melalui fandom inilah beberapa aktivitas
penggemar dapat terwujud. Melalui fandom tersebut biasanya kelompok penggemar K-Pop
berkumpul untuk melakukan beberapa kegiatan seperti fans gathering, fans project, K-Pop
festival,Konser idol . Untuk menunjukan identitasnya biasanya saat menghadiri acara K-pop,
salah satunya menghadiri konser fans K-pop gemar menggunakan dan membawa banyak
pernak-pernik idolnya serta meniru style berpakaian idolnya, Dengan begitu muncul
banyaknya kebutuhan penggemar K-pop. Dalam penelitian ini saya tertarik untuk meneliti
lebih dalam terkait kebutuhan fans K-pop di Kota Bandung saat menghadiri konser K-Pop di
Indonesia.

Karya ini berasal dari proyek Tugas Akhir berjudul
Perancangan Produk Fashion Tas Sebagai
Kebutuhan Fans K-Pop Di Kota Bandung

dosen pembimbing Tugas Akhir: Widia Nur Utami B.,S.Ds.,M.Ds.

Agnes Fitina Putri