GRAIL

by Lativa Putri Nisya

Indonesia merupakan negara yang terbuka akan kebudayaan negara asing sehingga ada budaya Jepang yang masuk ke Indonesia yaitu cosplay. Budaya ini kemudian masuk ke Kota Bandung dan diterima dengan mudah oleh kaum muda dikarenakan Kota Bandung merupakan kreatif dengan keberagaman serta pola pikir kreatif kaum mudanya. Sehingga terbentuklah Komunitas Cosplay Bandung (COSBAN) pada Juli 2008. Dewasa ini, cosplayer kerap membuat kostum dari animasi populer genre adventure dikarenakan busana armornya. Busana tersebut memiliki tingkat kerumitan tinggi dan semakin rumit maka akan semakin diminati oleh para cosplayer. Namun dikarenakan kerumitannya tersebut, cosplay armor tidak bisa digunakan dalam sehari-hari akan tetapi cosplayer tetap ingin menunjukan identitas mereka. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif yaitu studi literatur, observasi lapangan, wawancara dan eksperimen dengan tujuan merancang busana ready-to-wear untuk pria
dengan inspirasi animasi populer genre adventure menggunakan teknik digital printing.

Karya ini berasal dari proyek Tugas Akhir berjudul
PERANCANGAN READY TO WEAR PRIA DENGAN INSPIRASI ANIMASI POPULER GAME GENRE  ADVANTURE MENGGUNAKAN TEKNIK DIGITAL PRINTING

dosen pembimbing Tugas Akhir: Widia Nur Utami B., S.Ds., M.Ds.

Lativa Putri Nisya