APIK

by Ade Ayu Dwicahyani

Berangkat dari perkembangan motif saat ini dan teori teknik pola repetisi simetri yang merupakan teknik  pembuatan pola berulang memiliki potensi untuk menghasilkan suatu inovasi pola motif. Teknik repetisi  simetri memiliki beragam teknik yang mampu menghasilkan beragam inovasi motif. Penggunaan bentuk  asimetris seperti aksara latin merupakan bentuk yang ideal dalam pengolahan teknik repetisi simetri.  Bentuk asimetris pun ditemukan pada bentuk aksara Jawa dimana sebagian besar bentuknya memiliki  tarikan garis lengkung dan tegas sehingga berpotensi untuk diolah dengan teknik repetisi simetri.  

Metode penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi perkembangan  penggunaan teknik repetisi simetri dan studi pustaka mengenai teori teknik repetisi simetri dan aksara  jawa. Eksplorasi juga dilakukan dengan menghasilkan bentuk yang hampir serupa dengan ornamen art  deco, maka dari itu penelitian ini menghasilkan inovasi motif dengan inspirasi gaya art deco. Hasil  eksplorasi diaplikasikan pada lembaran kain dengan teknik digital print dan kemudian dikembangkan  menjadi produk fesyen. 

Sehingga penelitian ini menghasilkan inovasi motif dengan pengolahan teknik repetisi simetri planar  menggunakan bentuk aksara Jawa. Hasil eksplorasi yang dilakukan diaplikasikan pada lembaran kain dan  kemudian dikembangkan ke dalam produk fesyen sesuai konsep perancangan APIK bergaya art deco yang  elegan dan variatif.  

Kata Kunci: Motif, Pola Repetisi Simetri, Aksara jawa.

Karya ini berasal dari proyek Tugas Akhir berjudul
PENGOLAHAN MOTIF DENGAN TEKNIK POLA REPETISI SIMETRI  MENGGUNAKAN BENTUK AKSARA JAWA PADA PRODUK FESYEN

dosen pembimbing Tugas Akhir: Morinta Rosandini, S.Ds., M.Ds.

Ade Ayu Dwicahyani